Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut

Kamis, 12 Januari 2012

Kalau kita sering bermain photo landscape. Ada suatu saat kita mendapati hasil gambar/photo kita begitu over exposure, sehingga photo editing semacam photoshop pun "nyerah". Atau ada kalanya kita menemukan hasil dimana benda-benda yang menjadi objek depan (foreground), berbayang, sehingga sewaktu kita berusaha untuk "mem-balance-kan". gelap-terangnya, benda tersebut nampak noise. Hasil yang harus kita hindari untuk setiap photo yang kita hasilkan. Lalu bagaimana teknik untuk menampilkan keseluruhan gambar rata cahaya.

Seperti pernah saya tulis di tulisan sebelumnya. Photograpi (menurut saya) adalah teknik bagaimana mengatur cahaya yang masuk ke dalam lensa kamera.

Bila kita mendapati objek yang kita cari memiliki latar belakang cahaya yang terus menerus, continuing light, seperti cahaya matahari, lampu dan sebagainya, kemungkinan besar objek yang berada di depan sumber cahaya tersebut akan berbayang. (sebut kelabu) akibat pantulan dari cahaya tersebut yang mengenai objek. Tentunya kita ingin menampilkan juga dong latar depan objek.....

































Nah, ada beberapa cara yang bisa kita terapkan :

1. Cari objek lain....:))

2. Bermain dengan angle yang berbeda.
Untuk menghindar dari cahaya berlebih, kita bisa menghindari sumber cahaya memasukan cahaya yang berlebih ke dalam lensa. Gampangnya mencari angle yang tepat. Selama hasil dan cahaya masih proporsional, teknik sederhana ini bisa digunakan.

3. Fill dengan cahaya
Cara ini umumnya digunakan untuk teknik photo portrait. Prinsipnya kita menambahkan cahaya pada objek, sehingga cahaya yang ada di depan objek, dan yang bersumber dari belakang objek menjadi relatif seimbang.


4. Dengan menggunakan filter.
Filter bisa digunakan untuk photo portrait, juga sangat umum digunakan untuk photo landscape.
Khusus untuk tulisan ini saya akan membahas sedikit masalah filter. (Maklum memang baru sedikit tahu...)

Secara garis besar fungsi filter adalah sama dengan prinsip yang digunakan dalam fill light. Hanya saja filter menahan cahaya yang datang dari arah belakang objek. Tujuannya juga untuk menyeimbangkan intesitas cahaya yang ada di depan maupun di belakan objek.


Saya menggunakan 2 macam filter untuk photo landscape. Mengapa hanya 2 macam filter? Tentunya pilihan ini berdasarkan referensi yang saya tonton di you tube. Dan prinsip ekonomis.


1. Neutral Density (ND) Filter
Secara sederhana saya menyebutnya sebagai filter untuk "meredam" cahaya yang masuk kedalam lensa. Berwarna hitam-kelabu. Dengan filter yang tersebar sama rata diseluruh permukaan filter. Fungsinya mengurangi 1/f stop. Ada beberapa ukuran "redaman cahaya", mulai dari 1 stop, 2 stop, 3 stop dst..dst..dst..Tentunya pemilihan berapa stop yang cocok, adalah sesuai dengan pilihan kita. Filter yang saya gunakan saat ini adalah 1-3 stop.


2. Graduated Neutral Density (GND) Filter
Sama seperti filter ND, GND berfungi juga untuk meredam cahaya, namun untuk filter ini dibuat Graduated, yang kurang lebih artinya "setengah hitam-setengah putih", ada bagian yang memiliki warna/filter ada bagian yang netral.


Ini sebenarnya ilmu "potong kompas yang saya dapat dari browsing". Tentang bagaimana caranya menggunakan filter-filter tersebut. Karena jujur saja, jarang sekali orang yang mau berbagi ilmu.

Silahkan klik disini http://leefilters.com/index.php/camera/ndgrads untuk mendapatkan tutorial matering sederhana...

happi shooting

0 comments:

Posting Komentar