Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut

Selasa, 17 Januari 2012

Munpung baru nulis sedikit masalah filter, Saya ingin menambah beberapa informasi mengenai filter yang saya gunakan.

Saya menggunkan filter berbentuk kotak. Biasanya disebut sebagai seri-P dan seri Z. Seri P yang saya pilih, mempunya ukuran 100X100 mm beserta rumahnya. Filter tipe Neutral Density ND). Maksudnya untuk menyerap rata sinar yang datang dari depan lensa. Besarnya serap-serapnnya (hehehehehe) dihitung dengan stop. Saya memilih yang mempunya ukuran 0.9, 0,6, dan 0,3 (3,2,1 stop). Dan satu set z-series, Graduated Neutral Density (GND), masih berbentuk kotak 150X100mm beserta rumahnya. maksudnya untuk menyerap 1/2 sinar yang datang dari arah depan lensa. Ini untuk mempertahankan detail gambar latar depan. Besar stop saya pilih standar 0.9, 0.6 dan 0.3..tipe soft..

Mengapa memilih filter jenis ini. Pertanyaan yang jawabannya saya temukan di flickr.com dan You Tube. ...:))

Rumah filter dipasang dengan sistem kunci yang menempel aman pada ring yang terderat di ujung lensa. Bila kita tidak mau melepaskan filter UV yang bertujuan melindungi lensa, rumah filter masih bisa terpasang dengan baik. Fungsi rumah ini, untuk menempatkan filter. Karena sifatnya hanya semacam rumah, kita bisa mengganti-ganti filter secara cepat dan ekonomis. Tidak seperti filter yang berderat dan bebentuk lingkaran. Kita harus memiliki banyak filter dengan ukuran sesuai dengan besar lensa yang kita miliki belum ditambah bila kita memiki berbagi macam ukuran. Dalam bentuk standar set, rumah filter bisa memuat 3 buah filter secara bersamaan.

Dengan sistem Z dan P series juga, kita hanya perlu membeli 1 set filter dan rumahnya, namum harus memiliki banyak ring adapter sesuai dengan jumlah lensa yang kita miliki. Tapi harga ring yang jauh lebih murah, menjadi pilihan yang masuk akal ketimbang filter bentuk yang lingkaran.

Untuk merk, saya sarankan untuk memilih merk dengan kualitas tengah seperi Hi-tech, beruntung bila kita bisa memiliki set Lee filter atau Singh Ray.. Harga masing-masing filter yang saya sebutkan adalah bebanding 2 kali...Referensi untuk pilihan kualitas filter bisa juga diperoleh di flikr.com


0 comments:

Posting Komentar