Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut

Kamis, 05 Januari 2012

Pernah suatu ketika di salah satu group flikr.com, dibuat challenge. Tantangannya adalah menampilkan gambar "di kotamu" (your city). Begitu kira-kira.

Saya berdiam di Denpasar. Ibu kota provinsi Bali. Namanya mungkin kurang terkenal dibanding objek wisata yang ada di sebagian besar pulau Bali itu sendiri. Saya sendiri sudah lebih 30 tahun di sini.
Sebagai pusat pemerintahan, pusat perdagangan dan pusat-pusat lainnya, kota Denpasar sungguh beranjak sangat pelan. Sangat sedikit perkembangan semenjak 20 tahun yang lalu. Kotanya sendiri dibangun dari pusat kerajaan-kerajaan kecil Badung namun bukan merupakan salah kota tua yang dibangun Belanda. jadi tidak terlihat tatakota yang tersusun rapi. Singaraja malah merupakan salah satu kota tua yang dibangun Belanda.





























Apa yang menarik dari Denpasar. Setting-an kota-kota di bali memang di bangun sesuai budaya masyarakat Bali itu sendiri. Jangan berharap dapat melihat bangunan lebih dari 4 lantai. (Kecuali Hotel Bali Beach). Jangan pernah berharap melihat bangunan super mall megah dengan segala fasilitasnya. Karena memang bukan kearah sana kota-kota di Bali dibangun.

City scape kota Denpasar sedikit menggambarkan bagaimana bagunan-bangunan atau tepatnya rumah-rumah masih tetap bertahan di tengah kota.


Saya mendapatkan gambar ini dari atas pasar di tengah kota. Pemikirannya sederhana. Karena konsep landscape yang saya anut adalah mendapatkan areal gambar seluas-luasnya, dan menagkan pemandangan sebanyak-banyaknya. Pilihan naik bangunan yang tertinggi di tengah kota menjadi penting.

Mau mencoba?




0 comments:

Posting Komentar