Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut

Sabtu, 31 Desember 2011

Pantai Kuta sudah terbanyang di depan mata, bayangang beberapa tahun yang lalu ketika saya dan beberapa teman, nyasar di malam tahun Baru. Harapan akan pesta kembang api yang heboh,juga keramain orang di depan Hard Rock, menjadi bayangan saya sebelum berangkat malam itu. Cuaca memang agak sedikit kurang bersahabat. Sedari siang Denpasar sudah mendung tapi tanpa hujan.Mudah-mudahn sih tidak.

Seperti biasa, sebelum berangkat, karena ini medan baru, saya mencoba-coba dulu perangkat yang saya miliki. Beberapa referensi web dan you tube saya buka, untuk mencari cara mudah dan susah mengabadikan ledakan kembang api. Umumnya standar, fully manual mode, dengan diafrahma standar f/5.6-11.

Diafrahma standar untuk menangkap sinar kembang api sebanyak-banyaknya (Katanya you tube). ISO/ASA 100/200 untuk menghindari noise (katanya you tube juga), dan pasang shutter speed di 1-2 detik untuk menangkap gerakan cahaya dari kembang api itu. Saya sempat mencoba beberapa setting seperti f/5.5/ISO400/1", f/9/ISO400/1" dan f/9/ISO100/1", tapi saya lebih suka setting-an terakhir. Tentunya dengan acara import ke komputer, edit-edit dikit dan kesimpulan. Oh ya, jangan lupa membawa tripod, karena kita berada di area 1 detik.


Berikut tips-tips ketika photo new year ave di pantai Kuta :
1. Cari jalan memutar, karena jalan ke arah pantai di tutup
2. Siap-siap untuk jalan kaki, karena jalan di tutup
3. Siap-siap sama bule mabok, soalnya pasti norak
4. Hati-hati jalan di pantai, karena pasti ramai, sesak dan padat
5. Cari lokasi yang benar-benar representatif
6. Jangan berada di garis pantai, karena bisa jadi sasaran tembak kembang api
7. Hati-hati dengan kembang api, kadang tiba-tiba meledak tanpa permisi
8. Jangan minder, karena rupanya hanya kita sendiri (mungkin bisa berdua dengan saya) yang photo pake niat
9. Usahakan bilang permisi sebelum photo, karena pasti kehalangan sama orang
10.Bawa bekal secukupnya karena harga-harga tiba-tiba mahal
11.Jangan kaget kalau banyak orang yang berdecak kagum pada kita :))  



12. Jangan lupa bawa jam, karena tiba-tiba sudah pagi
13. Dan sampai jumpa tahun depan
Selamat tahun baru...:))

0 comments:

Posting Komentar